Perbedaan Tablet, Smartphone, Laptop, Netbook

Tablet

Sebuah komputer tablet, atau hanya tablet, adalah sebuah komputer one-piece ponsel. Perangkat biasanya menawarkan touchscreen, dengan jari (atau stylus) gerakan bertindak sebagai sarana utama kontrol, meskipun sering dilengkapi dengan menggunakan satu atau lebih tombol konteks fisik sensitif atau masukan dari satu atau lebih accelerometers, sebuah layar-, hideable virtual keyboard umumnya ditawarkan sebagai sarana utama input data. Tersedia dalam berbagai ukuran, tablet lazim menawarkan diagonal layar lebih besar dari 7 (18 cm), membedakan diri mereka sendiri melalui ukuran dari fungsional ponsel pintar sama atau personal digital assistant.

Meskipun umumnya mandiri komputer tablet dapat terhubung ke keyboard fisik (atau perangkat input lainnya), dan sejumlah Hibrida yang menawarkan keyboard dilepas telah dipasarkan sejak pertengahan tahun 1990, karena memiliki sejumlah komputer notebook touchscreen konversi yang menawarkan keyboard terintegrasi yang dapat disembunyikan oleh sendi putar atau sendi geser, mengekspos hanya layar sentuh untuk operasi. Tablet juga telah muncul dalam format Booklet dilipat yang menawarkan pengguna dual-sentuh, dan dapat digunakan sebagai notebook dengan menampilkan keyboard virtual pada salah satu display.

Dikonseptualisasikan pada abad ke-20 pertengahan dan prototyped dan dikembangkan dalam dua dekade terakhir abad bahwa perangkat hanya menjadi praktis dan terjangkau di tahun-tahun awal abad ini.

Pada Maret 2012, 31% dari pengguna internet di AS dilaporkan memiliki tablet, yang terutama digunakan untuk melihat konten yang diterbitkan seperti video dan berita  Di antara tablet tersedia di pasar pada tahun 2012., Baris terlaris perangkat iPad Apple dengan 100 juta dijual pada pertengahan Oktober 2012 sejak dirilis pada 3 April 2010, diikuti dengan Kindle Fire Amazon dengan 7 juta, dan Barnes & Noble Nook dengan 5 juta.

Sejarah Tablet

Komputer tablet dan perangkat lunak operasi yang terkait khusus adalah contoh dari teknologi komputasi pena, dan dengan demikian pengembangan tablet memiliki akar sejarah.

Perangkat listrik dengan data input dan output pada layar datar informasi telah ada sejak 1.888 dengan telautograph.  Sepanjang abad ke-20 banyak perangkat dengan karakteristik ini telah membayangkan dan menciptakan apakah sebagai cetak biru, prototipe, atau produk komersial. Selain sistem akademik dan penelitian, ada beberapa perusahaan dengan produk komersial pada 1980-an.

Komputer tablet muncul dalam sejumlah karya fiksi ilmiah pada paruh kedua abad ke-20, dengan penggambaran NewsPad Arthur C. Clarke, pada tahun 1968 Film Stanley Kubrick 2001: A Space Odyssey, deskripsi Pad Kalkulator di tahun 1951 baru Yayasan oleh Isaac Asimov, yang Opton di Kembali baru 1961 dari Stars oleh Stanislaw Lem, The Hitchhikers Panduan untuk Galaxy di Douglas Adams 1978 komedi dengan nama yang sama, dan berbagai perangkat digambarkan dalam Gene Roddenberry 1966 serial Star Trek , semua membantu untuk mempromosikan dan menyebarluaskan konsep ke khalayak yang lebih luas.

Pada tahun 1968 Alan Kay membayangkan KiddiComp, sementara seorang kandidat PhD ia mengembangkan dan menggambarkan konsep sebagai Dynabook tahun 1972 proposal: Sebuah komputer pribadi untuk anak-anak dari segala usia, kertas menguraikan persyaratan untuk perangkat pendidikan konseptual portabel yang akan menawarkan fungsionalitas yang sama dengan yang diberikan melalui komputer laptop atau (dalam beberapa inkarnasi lainnya) tablet atau komputer slate dengan pengecualian dari kebutuhan Dynabook setiap merancang menawarkan dekat baterai yang kekal. Orang dewasa juga bisa menggunakan Dynabook, tetapi target penonton adalah anak-anak.

The sci-fi serial TV Star Trek The Next Generation menampilkan komputer tablet yang ditunjuk sebagai “padds”.

Pada tahun 1994 Uni Eropa memulai proyek ‘OMI-NewsPAD’ (EP9252), terinspirasi oleh Clarke dan bekerja Kubrick. Acorn Komputer dikembangkan dan menyampaikan ARM berbasis layar sentuh komputer tablet untuk program ini, bermerek NewsPad tersebut. Perangkat ini dipasok selama percobaan berbasis Barcelona, ​​yang berakhir pada tahun 1997.

Intel mengumumkan ARM Kuat berbasis touchscreen komputer tablet pada tahun 1999, di bawah nama WebPAD, tablet kemudian kembali dicap sebagai “Web Intel Tablet”.

Pada tahun 2002, Microsoft berusaha untuk mendefinisikan dengan PC Tablet Microsoft konsep tablet komputer pribadi produk sebagai komputer mobile untuk kerja lapangan dalam bisnis, meskipun perangkat mereka gagal mencapai penggunaan luas terutama karena masalah harga dan kegunaan yang membuat mereka tidak cocok di luar tujuan terbatas yang dimaksudkan mereka.

Pada tahun 2005 Nokia merilis pertama dari jangkauan Internet Tablet mereka, Nokia 770. Tablet ini berlari berbasis Debian Linux OS bernama Maemo. Baris ini memuncak dengan ponsel N900.

Pada bulan April 2010 Apple Inc merilis iPad, sebuah komputer tablet dengan penekanan pada konsumsi media. Pergeseran dalam tujuan, bersama-sama dengan kegunaan meningkat, daya tahan baterai, kesederhanaan, berat badan rendah, dan secara keseluruhan “kualitas” sehubungan dengan tablet sebelumnya, dianggap sebagai mendefinisikan kelas baru perangkat konsumen dan membentuk pasar komersial untuk tablet di tahun berikutnya .

Akibatnya, perangkat komputasi tablet memiliki dua jenis yang sangat berbeda dari sistem operasi, asal yang berbeda. Mereka kadang-kadang ditunjuk PC Tablet dan Post-PC tablet.

Smartphone

Sebuah smartphone adalah ponsel yang dibangun pada sistem operasi mobile, dengan konektivitas kemampuan komputasi yang lebih maju daripada fitur telepon. Yang pertama smartphone gabungan fungsi dari personal digital assistant (PDA) dengan ponsel telepon. Kemudian model menambahkan fungsi media player portabel, low-end kamera digital kompak, kamera saku video, dan navigasi GPS unit untuk membentuk satu multi-penggunaan perangkat. Smartphone modern juga termasuk resolusi tinggi sentuh dan browser web yang menampilkan halaman web standar serta mobile-dioptimalkan situs. Kecepatan tinggi akses data yang disediakan oleh Wi-Fi dan mobile broadband. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan pesat dari pasar aplikasi mobile dan mobile commerce telah driver adopsi smartphone.

Sistem operasi mobile (OS) yang digunakan oleh smartphone modern termasuk Google Android, Apple iOS, Nokia Symbian, RIM BlackBerry OS, Bada Samsung, Microsoft Windows Phone, webOS Hewlett-Packard, dan distribusi Linux embedded seperti Maemo dan MeeGo. Sistem operasi tersebut dapat diinstal pada banyak model ponsel yang berbeda, dan biasanya setiap perangkat dapat menerima update OS beberapa perangkat lunak selama masa pakainya. Sebuah sistem operasi mendatang beberapa lainnya adalah Mozilla Firefox OS, Canonical Ltd s Telepon Ubuntu, dan Tizen.

Sejarah SmartPhone

Meskipun perangkat menggabungkan telepon dan komputasi yang dikonseptualisasikan pada awal 1973 dan ditawarkan untuk dijual di awal 1994, “smartphone” Istilah tidak muncul sampai 1997, ketika Ericsson dijelaskan nya GS 88 “Penelope” konsep sebagai “Smart Phone”.
Perbedaan antara smartphone dan fitur ponsel dapat kabur, dan tidak ada definisi resmi untuk apa yang merupakan perbedaan antara mereka. Salah satu perbedaan yang paling signifikan adalah bahwa antarmuka pemrograman tingkat lanjut aplikasi (API) pada smartphone untuk menjalankan aplikasi pihak ketiga dapat memungkinkan aplikasi tersebut memiliki integrasi yang lebih baik dengan OS ponsel dan perangkat keras daripada yang khas dengan fitur ponsel. Sebagai perbandingan, fitur ponsel lebih sering berjalan pada firmware proprietary, dengan dukungan pihak ketiga perangkat lunak melalui platform seperti Java ME atau BREW. Sebuah komplikasi tambahan dalam membedakan antara smartphone dan fitur ponsel adalah bahwa seiring waktu kemampuan model baru fitur ponsel dapat meningkat melebihi orang-orang dari ponsel yang telah dipromosikan sebagai smartphone di masa lalu.

Beberapa produsen dan penyedia menggunakan “superphone” istilah untuk ponsel yang tinggi akhir dengan layar yang luar biasa besar dan fitur mahal lainnya. Komentator lain lebih memilih “phablet” dalam pengakuan konvergensi mereka dengan low-end komputer tablet.
Awal tahun

Pada tahun 1973, Theodore George “Ted” Paraskevakos dipatenkan konsep layar display menggabungkan kecerdasan, pengolahan data dan visual dengan telepon, menguraikan kegiatan sekarang biasa dari perbankan dan membayar tagihan listrik melalui telepon.

Ponsel pertama yang menggabungkan fitur PDA adalah prototipe IBM dikembangkan pada tahun 1992 dan menunjukkan bahwa tahun di pameran komputer industri perdagangan COMDEX. Sebuah versi halus dari produk tersebut dipasarkan ke konsumen pada tanggal 16 Agustus 1994 oleh BellSouth bawah Communicator nama Simon Personal. The Simon adalah perangkat pertama yang dapat benar disebut sebagai “smartphone”, meskipun istilah yang belum diciptakan. Di samping kemampuannya untuk membuat dan menerima panggilan telepon selular, Simon juga mampu untuk mengirim dan menerima faksimil, e-mail dan halaman melalui tampilan layar sentuh. Simon termasuk banyak aplikasi termasuk buku alamat, kalender, janji scheduler, kalkulator, jam dunia waktu, game, buku catatan elektronik, penjelasan tulisan tangan dan keyboard touchscreen standar dan prediktif.

Pada tahun 1996, Nokia merilis Nokia 9000, bagian dari garis Communicator Nokia yang menjadi terlaris ponsel mereka saat itu. Itu adalah komputer Palmtop gaya ponsel dikombinasikan dengan PDA dari HP. Dalam prototipe awal, kedua perangkat yang tetap bersama-sama melalui engsel di apa yang kemudian digambarkan sebagai desain clamshell. Ketika dibuka, layar 640 × 200 piksel berada di atas permukaan dalam dan dengan keyboard QWERTY fisik pada bagian bawah. Email dan pesan teks berbasis web browsing diberikan melalui sistem operasi GEOS V3.0.

Pada akhir 1990-an meskipun, sebagian besar ponsel memiliki fitur ponsel hanya dasar begitu banyak orang juga membawa perangkat PDA terpisah berdedikasi, menjalankan versi awal dari sistem operasi seperti Palm OS, BlackBerry OS atau Windows CE / Pocket PC. Sistem ini beroperasi nantinya akan berkembang menjadi sistem operasi mobile dan kekuatan beberapa high-end smartphone.

Pada awal 2001, Palm, Inc memperkenalkan Kyocera 6035, smartphone pertama di Amerika Serikat. Perangkat ini dikombinasikan PDA dengan ponsel dan dioperasikan di jaringan Verizon Wireless. Hal ini juga didukung browsing web terbatas. Perangkat ini tidak diadopsi secara luas di luar Amerika Utara.

Pada tahun 2004, HP merilis h6315 iPaq, sebuah perangkat yang menggabungkan PDA mereka sebelumnya, HP 2215 dengan kemampuan seluler.

Laptop

Sebuah komputer laptop adalah komputer pribadi untuk penggunaan mobile. Sebuah laptop memiliki sebagian besar komponen yang sama sebagai komputer desktop, termasuk layar, keyboard, perangkat penunjuk seperti touchpad (juga dikenal sebagai trackpad) dan / atau menunjuk tongkat, dan speaker menjadi satu kesatuan. Sebuah laptop ini didukung oleh listrik listrik melalui adaptor AC, dan dapat digunakan jauh dari outlet menggunakan baterai isi ulang. Laptop juga kadang-kadang disebut notebook komputer, notebook, ultrabooks  atau netbook.

Komputer portabel, awalnya monokrom CRT berbasis dan berkembang menjadi laptop modern, pada awalnya dianggap sebagai ceruk pasar kecil, terutama untuk aplikasi bidang khusus seperti, akuntan militer dan perwakilan penjualan. Seperti komputer portabel menjadi lebih kecil, lebih ringan, lebih murah, lebih kuat dan sebagai layar menjadi lebih besar dan kualitas yang lebih baik, laptop menjadi sangat banyak digunakan untuk segala macam tujuan.

Sejarah Laptop

Sebagai komputer pribadi (PC) menjadi layak pada tahun 1970-an, gagasan tentang komputer pribadi portabel diikuti. Sebuah “pribadi, informasi manipulator portabel” yang dibayangkan oleh Alan Kay di Xerox PARC pada tahun 1968, dan dijelaskan pada tahun 1972 makalahnya sebagai “Dynabook”.

IBM Khusus Komputer APL Machine Portable (banyol), telah didemonstrasikan pada tahun 1973. Prototipe ini didasarkan pada prosesor PALM IBM (Pasang Semua Logic di Microcode atau 128 bit).

The IBM 5100, komputer portabel pertama yang tersedia secara komersial, muncul pada bulan September 1975, dan didasarkan pada prototipe banyol.

Sebagai 8-bit CPU mesin menjadi diterima secara luas, jumlah portables meningkat pesat. The Osborne 1, yang dirilis pada tahun 1981, menggunakan Zilog Z80 dan beratnya £ 23,6 (10,7 kg). Itu tidak ada baterai, 5 dalam (13 cm) layar CRT, dan 5,25 ganda dalam (13,3 cm) tunggal-kepadatan floppy drive. Pada tahun yang sama komputer laptop berukuran portabel pertama, Epson HX-20, diumumkan. The Epson memiliki layar LCD, baterai yang dapat diisi ulang, dan sebuah printer kalkulator-ukuran dalam 1,6 kg (3,5 lb) sasis . Kedua Tandy / RadioShack dan HP juga memproduksi komputer portabel dari berbagai desain selama periode ini.

Laptop pertama menggunakan faktor bentuk flip muncul di awal 1980-an. The Magnum Dulmont dirilis di Australia pada tahun 1981-82, tapi tidak dipasarkan secara internasional sampai 1984-85. The GRID US $ 8.150 (US $ 19.630 hari ini) Compass 1100, dirilis pada tahun 1982, digunakan di NASA dan oleh militer antara lain. The Gavilan SC, dirilis pada tahun 1983, adalah komputer pertama digambarkan sebagai “laptop” oleh produsen. Dari 1983 dan seterusnya, beberapa teknik masukan baru dikembangkan dan dimasukkan dalam laptop, termasuk touchpad (Gavilan SC, 1983), tongkat menunjuk (IBM ThinkPad 700, 1992) dan pengenalan tulisan tangan (Linus Tulis-Top, 1987). Beberapa CPU, seperti tahun 1990 Intel i386SL, yang dirancang untuk menggunakan daya minimum untuk meningkatkan hidup baterai komputer portabel, dan didukung oleh fitur manajemen daya dinamis seperti Intel SpeedStep dan AMD PowerNow! dalam beberapa desain.

Menampilkan mencapai resolusi VGA dengan 1988 (Compaq SLT/286), dan layar warna mulai menjadi upgrade umum pada tahun 1991 dengan peningkatan resolusi dan ukuran layar sering terjadi sampai diperkenalkannya 17 “layar laptop pada tahun 2003. Hard drive mulai digunakan dalam portables, didorong oleh pengenalan 3.5 “drive di akhir 1980-an, dan menjadi umum di laptop dimulai dengan pengenalan 2,5″ dan drive yang lebih kecil sekitar tahun 1990, kapasitas telah biasanya tertinggal di belakang drive desktop fisik lebih besar penyimpanan optik, read-only. CD-ROM diikuti oleh CD ditulisi dan kemudian read-only atau ditulisi DVD dan Blu-ray, menjadi umum di laptop segera di 2s

Notebook

Netbook adalah kategori komputer laptop kecil, ringan, warisan bebas, dan murah.

Pada awal mereka pada akhir tahun 2007 sebagai notebook kecil dioptimalkan untuk berat badan rendah dan biaya rendah – netbook dihilangkan fitur tertentu (misalnya, optical drive), menampilkan layar yang lebih kecil dan keyboard, dan menawarkan daya komputasi berkurang bila dibandingkan dengan laptop berukuran penuh. Selama evolusi mereka, netbook telah berkisar dalam ukuran dari bawah 5 “diagonal layar sampai 12″. Sebuah berat khas adalah 1 kg (2,2 pon). Seringkali secara signifikan lebih murah daripada laptop lain, pada pertengahan 2009, beberapa operator data nirkabel mulai menawarkan netbook kepada pengguna “gratis”, dengan pembelian kontrak perpanjangan layanan.

Dalam waktu singkat sejak penampilan mereka, netbook tumbuh dalam ukuran dan fitur, dan menyatu dengan yang lebih kecil, lebih ringan dan laptop subnotebooks. Pada bulan Agustus 2009, ketika membandingkan netbook Dell ke notebook Dell, CNET disebut netbook “tidak lebih dari kecil, notebook murah,” mencatat, “spesifikasi sangat mirip bahwa rata-rata pembelanja kemungkinan akan bingung mengapa satu lebih baik daripada yang lain, “dan” satunya kesimpulan adalah bahwa ada benar-benar ada perbedaan antara perangkat ” Dalam upaya untuk mencegah mengorbankan laptop lebih menguntungkan dalam lineup mereka, produsen dikenakan beberapa kendala pada netbook., namun hal ini akan segera mendorong netbook menjadi niche di mana mereka memiliki keunggulan khas beberapa atas laptop tradisional atau komputer tablet (lihat di bawah).

Pada 2011, meningkatnya popularitas komputer tablet (terutama iPad)-faktor bentuk yang berbeda, tetapi dengan kemampuan komputasi lebih baik dan produksi yang lebih rendah biaya-telah menyebabkan penurunan penjualan netbook. Pada akhir tinggi dari spektrum kinerja , ultra-ringan portabel dengan keyboard tradisional dan tampilan telah merevolusi oleh 11,6 “MacBook Air, yang membuat pengorbanan kinerja sedikit meskipun dengan biaya produksi jauh lebih tinggi. Memanfaatkan keberhasilan MacBook Air, Menanggapi MacBook Air, Intel dipromosikan ultrabooks sebagai standar tinggi mobilitas baru, yang telah dipuji oleh beberapa analis sebagai berhasil di mana netbook gagal.  Akibatnya dari dua perkembangan, netbook dari 2011 telah membuat harga sebagai titik mereka hanya kuat, kalah di departemen desain, kemudahan penggunaan dan portabilitas untuk tablet dan ultrabooks dalam fitur dan kinerja lapangan.

Sejarah Notebook

Asal-usul netbook dapat ditelusuri ke kisaran Toshiba Libretto yang sangat populer sub-notebook. The 6 “Libretto 20 tanggal kembali ke awal 1996 dan beratnya hanya 840g. Apple juga memiliki garis Duos PowerBook yang ultra-portable Macintosh laptop di pertengahan tahun 90an. Baru-baru ini, sekarang-dihentikan garis Netbook Psion, para OLPC XO-1 (awalnya disebut US $ 100 laptop) dan Foleo Palm semua, portabel kecil, jaringan-enabled komputer. Penggunaan generik dari “netbook” panjang, bagaimanapun, dimulai pada 2007 ketika Asus meluncurkan Asus Eee PC. Awalnya dirancang untuk pasar negara berkembang, yang 23 cm × 17 cm (9,1 × 6,7 di dalam) perangkat beratnya sekitar 0,9 kg (2 lb) dan menampilkan 7 di (18 cm) layar, keyboard sekitar 85% ukuran dari keyboard normal, solid-state drive dan versi kustom dari Linux dengan antarmuka pengguna disederhanakan diarahkan penggunaan netbook  Setelah Eee PC, Everex meluncurkan berbasis Linux yang CloudBook,. Windows XP dan Windows Vista model juga diperkenalkan dan MSI Wind dirilis – lain segera mengikutinya.

Proyek OLPC, yang dikenal untuk inovasi dalam memproduksi netbook tahan lama, biaya-dan kekuasaan-efisien untuk negara-negara berkembang, dianggap sebagai salah satu faktor utama yang menyebabkan produsen komputer atas hardware untuk mulai membuat netbook murah untuk pasar konsumen. Ketika PC Asus Eee pertama terjual lebih dari 300.000 unit dalam empat bulan, perusahaan seperti Dell dan Acer mencatat dan mulai memproduksi netbook mereka sendiri murah. Dan sementara OLPC XO-1 target khalayak yang berbeda daripada netbook produsen lain, tampak bahwa OLPC kini menghadapi persaingan. Negara-negara berkembang sekarang memiliki pilihan besar vendor, dari mana mereka dapat memilih murah netbook yang mereka inginkan.
Pasar popularitas netbook dalam laptop di paruh kedua tahun 2008 berdasarkan jumlah klik produk di Subkategori Laptop per bulan dengan PriceGrabber

Pada akhir 2008, netbook sudah mulai mengambil pangsa pasar jauh dari notebook. Berbeda dengan sebelumnya, upaya sebagian besar gagal untuk membangun komputer mini kelas baru utama perangkat komputasi personal dibangun di sekitar platform relatif mahal memerlukan aplikasi perangkat lunak berpemilik atau memaksakan keterbatasan kegunaan parah, keberhasilan baru-baru ini netbook juga dapat dikaitkan dengan fakta bahwa teknologi PC kini telah matang cukup untuk memungkinkan benar-benar biaya implementasi dioptimalkan dengan kinerja yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sebagian besar pengguna PC. Hal ini diilustrasikan oleh fakta bahwa sistem kinerja khas netbook adalah pada tingkat dari PC mainstream pada tahun 2001, sekitar seperempat dari biaya. Sementara ini sudah cukup tingkat kinerja untuk sebagian besar kebutuhan pengguna, hal ini menyebabkan peningkatan minat sumber daya yang efisien aplikasi seperti Google Chrome, dan memaksa Microsoft untuk memperpanjang ketersediaan Windows XP untuk mengamankan pangsa pasar. Diperkirakan bahwa hampir tiga puluh kali lebih netbook dijual pada tahun 2008 (11,4 juta, 70% di antaranya berada di Eropa) dari tahun 2007 (400.000). Kecenderungan ini diperkuat oleh munculnya aplikasi berbasis web serta jaringan mobile dan, menurut Majalah Wired, netbook berkembang menjadi “super-portable laptop untuk para profesional”  Resesi berlangsung juga membantu dengan pertumbuhan penjualan netbook.

Di Australia, New South Wales Departemen Pendidikan dan Pelatihan, dalam kemitraan dengan Lenovo, menyediakan Tahun 9 (SMA) siswa di sekolah negeri tinggi dengan bebas Lenovo S10e netbook pada tahun 2009, Lenovo Mini 10 netbook tahun 2010, Lenovo Edge 11 netbook pada tahun 2011 dan dimodifikasi Lenovo X130e netbook pada tahun 2012, masing-masing dimuat dengan perangkat lunak termasuk Microsoft Office dan Adobe Creative Suite Systems 4. Ini disediakan di bawah Revolusi Pendidikan Digital Perdana Menteri Kevin Rudd, atau DER. Netbook menjalankan Windows 7 Enterprise. Netbook ini dijamin dengan Computrace Lojack untuk laptop bahwa polisi dapat digunakan untuk melacak perangkat jika hilang atau dicuri. The DET NSW mempertahankan kepemilikan netbook ini sampai lulusan mahasiswa dari 12 Tahun, ketika siswa dapat menyimpannya. Pemerintah Trinidad dan Tobago-Perdana Menteri Kamla Persad Bisseser – juga menyediakan laptop gratis HP untuk membentuk 1 Siswa (11 tahun) dengan polisi piranti lunak yang sama seperti di atas dilacak.

Yunani menyediakan semua siswa berusia 13 tahun (sekolah menengah, atau gimnasium, mahasiswa) dan guru mereka dengan netbook gratis di 2009  melalui “Inisiatif Kelas Digital”. Siswa diberikan satu kupon yang unik masing-masing, dengan yang mereka menebus netbook pilihan mereka, hingga langit-langit harga € 450, berpartisipasi toko di seluruh negeri. Netbook ini datang dibundel dengan versi lokal dari baik Windows XP (atau lebih tinggi) atau open source (misalnya Linux) sistem operasi, kabel dan fungsi jaringan nirkabel, perlindungan antivirus, kontrol orangtua preactivated, dan paket perangkat lunak pendidikan.

Microsoft dan Intel telah mencoba untuk netbook “semen” di low end dari pasar untuk melindungi penjualan notebook PC mainstream, karena mereka mendapatkan margin yang lebih rendah pada rendah-biaya model. Perusahaan-perusahaan telah membatasi spesifikasi dari netbook, tetapi meskipun ini produsen peralatan asli telah mengumumkan lebih tinggi-end model netbook per Maret 2009.


Mengakhiri tahun 2008 laporan tersebut adalah bahwa netbook khas menampilkan 1,4 kg (3 lb) berat badan, 9 di (23 cm) layar, konektivitas internet nirkabel, Linux atau Windows XP, sebuah prosesor Intel Atom, dan biaya kurang dari $ 400 AS Sebuah pertengahan tahun 2009 artikel surat kabar. mengatakan bahwa netbook khas adalah 1,2 kg (2,6 lb), US $ 300, dan memiliki 10 dalam (25 cm) layar, 1 GB random-access memory, sebuah 160 GB hard disk drive, dan sebuah transceiver nirkabel baik untuk rumah dan jaringan seluler. Pembeli melaju pasar netbook arah layar yang lebih besar, yang tumbuh dari 7 di (18 cm) di Eee PC Asus asli 700-12 dalam (30,5 cm) model pada musim panas tahun 2009.


Setelah mencapai puncaknya sekitar sekitar 20% dari pasar komputer portabel, netbook mulai sedikit kehilangan pangsa pasar (dalam kategori) pada awal 2010, bertepatan dengan penampilan dan keberhasilan iPad Teknologi komentator Ross Rubin. Berpendapat dua setengah tahun kemudian di Engadget bahwa “Netbook tidak pernah mendapat hal apapun. Sementara Steve Jobs menegur netbook dengan pengenalan iPad, iPad berutang sedikit utang ke laptop kecil netbook ini menunjukkan potensi perangkat, komputasi murah portabel kedua,. dengan ukuran layar sekitar 10 inci, terutama ditujukan untuk konsumsi media dan produktivitas cahaya. ” Meskipun beberapa produsen langsung menyalahkan persaingan dari iPad, beberapa analis menunjukkan bahwa lebih besar, laptop sepenuhnya matang telah memasuki kisaran harga netbook di sekitar saat yang sama.

11.6-inch MacBook Air, diperkenalkan pada akhir 2010, dibandingkan baik untuk banyak netbook dalam hal kekuatan pemrosesan, tetapi juga ergonomi, pada £ 2,3 menjadi lebih ringan dari beberapa 10-inch netbook, karena sebagian untuk integrasi chip flash storage di papan utama logika . Ini digambarkan sebagai netbook superlatif (atau setidaknya seperti apa netbook seharusnya) oleh komentator beberapa teknologi,  meskipun Apple telah pernah disebut seperti itu , kadang-kadang menggambarkan hal-dalam kata-kata Steve Jobs-sebagai “jenis ketiga notebook.”  Model entry level memiliki MSRP sebesar $ 999, biaya secara signifikan lebih dari netbook rata-rata, sebagai tiga sebanyak atau empat kali lebih.

Pada tahun 2011 penjualan tablet menyalip netbook untuk pertama kalinya, dan pada tahun 2012 penjualan netbook turun sebesar 25 persen, tahun-ke-tahun.  Penurunan berkelanjutan sejak 2010 telah paling menonjol di Amerika Serikat dan di Eropa Barat, sementara Latin Amerika masih menunjukkan beberapa pertumbuhan moderat. Pada bulan Desember 2011, Dell mengumumkan bahwa ia keluar dari pasar netbook  Pada bulan Mei 2012, Toshiba mengumumkan melakukan hal yang sama, setidaknya di Amerika Serikat. Sebuah Agustus 2012 artikel oleh John C. Dvorak di PC Magazine mengklaim bahwa “netbook” istilah “hampir pergi dari leksikon sudah”, yang telah digantikan di pasar sebagian besar oleh (dan MacBook Air terinspirasi) lebih kuat ultrabook-dijelaskan sebagai “netbook pada steroid”-dan sedikit oleh tablet  Pada September 2012 Asus, Acer dan MSI mengumumkan bahwa mereka akan berhenti memproduksi 10-inch netbook  Bersamaan Asus mengumumkan mereka akan berhenti mengembangkan semua Eee.. produk PC, tetapi sebaliknya berfokus pada campuran garis mereka tablet-netbook Transformer.

Tablet

Sebuah komputer tablet, atau hanya tablet, adalah sebuah komputer one-piece ponsel. Perangkat biasanya menawarkan touchscreen, dengan jari (atau stylus) gerakan bertindak sebagai sarana utama kontrol, meskipun sering dilengkapi dengan menggunakan satu atau lebih tombol konteks fisik sensitif atau masukan dari satu atau lebih accelerometers, sebuah layar-, hideable virtual keyboard umumnya ditawarkan sebagai sarana utama input data. Tersedia dalam berbagai ukuran, tablet lazim menawarkan diagonal layar lebih besar dari 7 (18 cm), membedakan diri mereka sendiri melalui ukuran dari fungsional ponsel pintar sama atau personal digital assistant.

Meskipun umumnya mandiri komputer tablet dapat terhubung ke keyboard fisik (atau perangkat input lainnya), dan sejumlah Hibrida yang menawarkan keyboard dilepas telah dipasarkan sejak pertengahan tahun 1990, karena memiliki sejumlah komputer notebook touchscreen konversi yang menawarkan keyboard terintegrasi yang dapat disembunyikan oleh sendi putar atau sendi geser, mengekspos hanya layar sentuh untuk operasi. Tablet juga telah muncul dalam format Booklet dilipat yang menawarkan pengguna dual-sentuh, dan dapat digunakan sebagai notebook dengan menampilkan keyboard virtual pada salah satu display.

Dikonseptualisasikan pada abad ke-20 pertengahan dan prototyped dan dikembangkan dalam dua dekade terakhir abad bahwa perangkat hanya menjadi praktis dan terjangkau di tahun-tahun awal abad ini.

Pada Maret 2012, 31% dari pengguna internet di AS dilaporkan memiliki tablet, yang terutama digunakan untuk melihat konten yang diterbitkan seperti video dan berita  Di antara tablet tersedia di pasar pada tahun 2012., Baris terlaris perangkat iPad Apple dengan 100 juta dijual pada pertengahan Oktober 2012 sejak dirilis pada 3 April 2010, diikuti dengan Kindle Fire Amazon dengan 7 juta, dan Barnes & Noble Nook dengan 5 juta.

Sejarah Tablet

Komputer tablet dan perangkat lunak operasi yang terkait khusus adalah contoh dari teknologi komputasi pena, dan dengan demikian pengembangan tablet memiliki akar sejarah.

Perangkat listrik dengan data input dan output pada layar datar informasi telah ada sejak 1.888 dengan telautograph.  Sepanjang abad ke-20 banyak perangkat dengan karakteristik ini telah membayangkan dan menciptakan apakah sebagai cetak biru, prototipe, atau produk komersial. Selain sistem akademik dan penelitian, ada beberapa perusahaan dengan produk komersial pada 1980-an.

Komputer tablet muncul dalam sejumlah karya fiksi ilmiah pada paruh kedua abad ke-20, dengan penggambaran NewsPad Arthur C. Clarke, pada tahun 1968 Film Stanley Kubrick 2001: A Space Odyssey, deskripsi Pad Kalkulator di tahun 1951 baru Yayasan oleh Isaac Asimov, yang Opton di Kembali baru 1961 dari Stars oleh Stanislaw Lem, The Hitchhikers Panduan untuk Galaxy di Douglas Adams 1978 komedi dengan nama yang sama, dan berbagai perangkat digambarkan dalam Gene Roddenberry 1966 serial Star Trek , semua membantu untuk mempromosikan dan menyebarluaskan konsep ke khalayak yang lebih luas.

Pada tahun 1968 Alan Kay membayangkan KiddiComp, sementara seorang kandidat PhD ia mengembangkan dan menggambarkan konsep sebagai Dynabook tahun 1972 proposal: Sebuah komputer pribadi untuk anak-anak dari segala usia, kertas menguraikan persyaratan untuk perangkat pendidikan konseptual portabel yang akan menawarkan fungsionalitas yang sama dengan yang diberikan melalui komputer laptop atau (dalam beberapa inkarnasi lainnya) tablet atau komputer slate dengan pengecualian dari kebutuhan Dynabook setiap merancang menawarkan dekat baterai yang kekal. Orang dewasa juga bisa menggunakan Dynabook, tetapi target penonton adalah anak-anak.

The sci-fi serial TV Star Trek The Next Generation menampilkan komputer tablet yang ditunjuk sebagai “padds”.

Pada tahun 1994 Uni Eropa memulai proyek ‘OMI-NewsPAD’ (EP9252), terinspirasi oleh Clarke dan bekerja Kubrick. Acorn Komputer dikembangkan dan menyampaikan ARM berbasis layar sentuh komputer tablet untuk program ini, bermerek NewsPad tersebut. Perangkat ini dipasok selama percobaan berbasis Barcelona, ​​yang berakhir pada tahun 1997.

Intel mengumumkan ARM Kuat berbasis touchscreen komputer tablet pada tahun 1999, di bawah nama WebPAD, tablet kemudian kembali dicap sebagai “Web Intel Tablet”.

Pada tahun 2002, Microsoft berusaha untuk mendefinisikan dengan PC Tablet Microsoft konsep tablet komputer pribadi produk sebagai komputer mobile untuk kerja lapangan dalam bisnis, meskipun perangkat mereka gagal mencapai penggunaan luas terutama karena masalah harga dan kegunaan yang membuat mereka tidak cocok di luar tujuan terbatas yang dimaksudkan mereka.

Pada tahun 2005 Nokia merilis pertama dari jangkauan Internet Tablet mereka, Nokia 770. Tablet ini berlari berbasis Debian Linux OS bernama Maemo. Baris ini memuncak dengan ponsel N900.

Pada bulan April 2010 Apple Inc merilis iPad, sebuah komputer tablet dengan penekanan pada konsumsi media. Pergeseran dalam tujuan, bersama-sama dengan kegunaan meningkat, daya tahan baterai, kesederhanaan, berat badan rendah, dan secara keseluruhan “kualitas” sehubungan dengan tablet sebelumnya, dianggap sebagai mendefinisikan kelas baru perangkat konsumen dan membentuk pasar komersial untuk tablet di tahun berikutnya .

Akibatnya, perangkat komputasi tablet memiliki dua jenis yang sangat berbeda dari sistem operasi, asal yang berbeda. Mereka kadang-kadang ditunjuk PC Tablet dan Post-PC tablet.

Smartphone

Sebuah smartphone adalah ponsel yang dibangun pada sistem operasi mobile, dengan konektivitas kemampuan komputasi yang lebih maju daripada fitur telepon. Yang pertama smartphone gabungan fungsi dari personal digital assistant (PDA) dengan ponsel telepon. Kemudian model menambahkan fungsi media player portabel, low-end kamera digital kompak, kamera saku video, dan navigasi GPS unit untuk membentuk satu multi-penggunaan perangkat. Smartphone modern juga termasuk resolusi tinggi sentuh dan browser web yang menampilkan halaman web standar serta mobile-dioptimalkan situs. Kecepatan tinggi akses data yang disediakan oleh Wi-Fi dan mobile broadband. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan pesat dari pasar aplikasi mobile dan mobile commerce telah driver adopsi smartphone.

Sistem operasi mobile (OS) yang digunakan oleh smartphone modern termasuk Google Android, Apple iOS, Nokia Symbian, RIM BlackBerry OS, Bada Samsung, Microsoft Windows Phone, webOS Hewlett-Packard, dan distribusi Linux embedded seperti Maemo dan MeeGo. Sistem operasi tersebut dapat diinstal pada banyak model ponsel yang berbeda, dan biasanya setiap perangkat dapat menerima update OS beberapa perangkat lunak selama masa pakainya. Sebuah sistem operasi mendatang beberapa lainnya adalah Mozilla Firefox OS, Canonical Ltd s Telepon Ubuntu, dan Tizen.

Sejarah SmartPhone

Meskipun perangkat menggabungkan telepon dan komputasi yang dikonseptualisasikan pada awal 1973 dan ditawarkan untuk dijual di awal 1994, “smartphone” Istilah tidak muncul sampai 1997, ketika Ericsson dijelaskan nya GS 88 “Penelope” konsep sebagai “Smart Phone”.
Perbedaan antara smartphone dan fitur ponsel dapat kabur, dan tidak ada definisi resmi untuk apa yang merupakan perbedaan antara mereka. Salah satu perbedaan yang paling signifikan adalah bahwa antarmuka pemrograman tingkat lanjut aplikasi (API) pada smartphone untuk menjalankan aplikasi pihak ketiga dapat memungkinkan aplikasi tersebut memiliki integrasi yang lebih baik dengan OS ponsel dan perangkat keras daripada yang khas dengan fitur ponsel. Sebagai perbandingan, fitur ponsel lebih sering berjalan pada firmware proprietary, dengan dukungan pihak ketiga perangkat lunak melalui platform seperti Java ME atau BREW. Sebuah komplikasi tambahan dalam membedakan antara smartphone dan fitur ponsel adalah bahwa seiring waktu kemampuan model baru fitur ponsel dapat meningkat melebihi orang-orang dari ponsel yang telah dipromosikan sebagai smartphone di masa lalu.

Beberapa produsen dan penyedia menggunakan “superphone” istilah untuk ponsel yang tinggi akhir dengan layar yang luar biasa besar dan fitur mahal lainnya. Komentator lain lebih memilih “phablet” dalam pengakuan konvergensi mereka dengan low-end komputer tablet.
Awal tahun

Pada tahun 1973, Theodore George “Ted” Paraskevakos dipatenkan konsep layar display menggabungkan kecerdasan, pengolahan data dan visual dengan telepon, menguraikan kegiatan sekarang biasa dari perbankan dan membayar tagihan listrik melalui telepon.

Ponsel pertama yang menggabungkan fitur PDA adalah prototipe IBM dikembangkan pada tahun 1992 dan menunjukkan bahwa tahun di pameran komputer industri perdagangan COMDEX. Sebuah versi halus dari produk tersebut dipasarkan ke konsumen pada tanggal 16 Agustus 1994 oleh BellSouth bawah Communicator nama Simon Personal. The Simon adalah perangkat pertama yang dapat benar disebut sebagai “smartphone”, meskipun istilah yang belum diciptakan. Di samping kemampuannya untuk membuat dan menerima panggilan telepon selular, Simon juga mampu untuk mengirim dan menerima faksimil, e-mail dan halaman melalui tampilan layar sentuh. Simon termasuk banyak aplikasi termasuk buku alamat, kalender, janji scheduler, kalkulator, jam dunia waktu, game, buku catatan elektronik, penjelasan tulisan tangan dan keyboard touchscreen standar dan prediktif.

Pada tahun 1996, Nokia merilis Nokia 9000, bagian dari garis Communicator Nokia yang menjadi terlaris ponsel mereka saat itu. Itu adalah komputer Palmtop gaya ponsel dikombinasikan dengan PDA dari HP. Dalam prototipe awal, kedua perangkat yang tetap bersama-sama melalui engsel di apa yang kemudian digambarkan sebagai desain clamshell. Ketika dibuka, layar 640 × 200 piksel berada di atas permukaan dalam dan dengan keyboard QWERTY fisik pada bagian bawah. Email dan pesan teks berbasis web browsing diberikan melalui sistem operasi GEOS V3.0.

Pada akhir 1990-an meskipun, sebagian besar ponsel memiliki fitur ponsel hanya dasar begitu banyak orang juga membawa perangkat PDA terpisah berdedikasi, menjalankan versi awal dari sistem operasi seperti Palm OS, BlackBerry OS atau Windows CE / Pocket PC. Sistem ini beroperasi nantinya akan berkembang menjadi sistem operasi mobile dan kekuatan beberapa high-end smartphone.

Pada awal 2001, Palm, Inc memperkenalkan Kyocera 6035, smartphone pertama di Amerika Serikat. Perangkat ini dikombinasikan PDA dengan ponsel dan dioperasikan di jaringan Verizon Wireless. Hal ini juga didukung browsing web terbatas. Perangkat ini tidak diadopsi secara luas di luar Amerika Utara.

Pada tahun 2004, HP merilis h6315 iPaq, sebuah perangkat yang menggabungkan PDA mereka sebelumnya, HP 2215 dengan kemampuan seluler.

Laptop

Sebuah komputer laptop adalah komputer pribadi untuk penggunaan mobile. Sebuah laptop memiliki sebagian besar komponen yang sama sebagai komputer desktop, termasuk layar, keyboard, perangkat penunjuk seperti touchpad (juga dikenal sebagai trackpad) dan / atau menunjuk tongkat, dan speaker menjadi satu kesatuan. Sebuah laptop ini didukung oleh listrik listrik melalui adaptor AC, dan dapat digunakan jauh dari outlet menggunakan baterai isi ulang. Laptop juga kadang-kadang disebut notebook komputer, notebook, ultrabooks  atau netbook.

Komputer portabel, awalnya monokrom CRT berbasis dan berkembang menjadi laptop modern, pada awalnya dianggap sebagai ceruk pasar kecil, terutama untuk aplikasi bidang khusus seperti, akuntan militer dan perwakilan penjualan. Seperti komputer portabel menjadi lebih kecil, lebih ringan, lebih murah, lebih kuat dan sebagai layar menjadi lebih besar dan kualitas yang lebih baik, laptop menjadi sangat banyak digunakan untuk segala macam tujuan.

Sejarah Laptop

Sebagai komputer pribadi (PC) menjadi layak pada tahun 1970-an, gagasan tentang komputer pribadi portabel diikuti. Sebuah “pribadi, informasi manipulator portabel” yang dibayangkan oleh Alan Kay di Xerox PARC pada tahun 1968, dan dijelaskan pada tahun 1972 makalahnya sebagai “Dynabook”.

IBM Khusus Komputer APL Machine Portable (banyol), telah didemonstrasikan pada tahun 1973. Prototipe ini didasarkan pada prosesor PALM IBM (Pasang Semua Logic di Microcode atau 128 bit).

The IBM 5100, komputer portabel pertama yang tersedia secara komersial, muncul pada bulan September 1975, dan didasarkan pada prototipe banyol.

Sebagai 8-bit CPU mesin menjadi diterima secara luas, jumlah portables meningkat pesat. The Osborne 1, yang dirilis pada tahun 1981, menggunakan Zilog Z80 dan beratnya £ 23,6 (10,7 kg). Itu tidak ada baterai, 5 dalam (13 cm) layar CRT, dan 5,25 ganda dalam (13,3 cm) tunggal-kepadatan floppy drive. Pada tahun yang sama komputer laptop berukuran portabel pertama, Epson HX-20, diumumkan. The Epson memiliki layar LCD, baterai yang dapat diisi ulang, dan sebuah printer kalkulator-ukuran dalam 1,6 kg (3,5 lb) sasis . Kedua Tandy / RadioShack dan HP juga memproduksi komputer portabel dari berbagai desain selama periode ini.

Laptop pertama menggunakan faktor bentuk flip muncul di awal 1980-an. The Magnum Dulmont dirilis di Australia pada tahun 1981-82, tapi tidak dipasarkan secara internasional sampai 1984-85. The GRID US $ 8.150 (US $ 19.630 hari ini) Compass 1100, dirilis pada tahun 1982, digunakan di NASA dan oleh militer antara lain. The Gavilan SC, dirilis pada tahun 1983, adalah komputer pertama digambarkan sebagai “laptop” oleh produsen. Dari 1983 dan seterusnya, beberapa teknik masukan baru dikembangkan dan dimasukkan dalam laptop, termasuk touchpad (Gavilan SC, 1983), tongkat menunjuk (IBM ThinkPad 700, 1992) dan pengenalan tulisan tangan (Linus Tulis-Top, 1987). Beberapa CPU, seperti tahun 1990 Intel i386SL, yang dirancang untuk menggunakan daya minimum untuk meningkatkan hidup baterai komputer portabel, dan didukung oleh fitur manajemen daya dinamis seperti Intel SpeedStep dan AMD PowerNow! dalam beberapa desain.

Menampilkan mencapai resolusi VGA dengan 1988 (Compaq SLT/286), dan layar warna mulai menjadi upgrade umum pada tahun 1991 dengan peningkatan resolusi dan ukuran layar sering terjadi sampai diperkenalkannya 17 “layar laptop pada tahun 2003. Hard drive mulai digunakan dalam portables, didorong oleh pengenalan 3.5 “drive di akhir 1980-an, dan menjadi umum di laptop dimulai dengan pengenalan 2,5″ dan drive yang lebih kecil sekitar tahun 1990, kapasitas telah biasanya tertinggal di belakang drive desktop fisik lebih besar penyimpanan optik, read-only. CD-ROM diikuti oleh CD ditulisi dan kemudian read-only atau ditulisi DVD dan Blu-ray, menjadi umum di laptop segera di 2s

Notebook

Netbook adalah kategori komputer laptop kecil, ringan, warisan bebas, dan murah.

Pada awal mereka pada akhir tahun 2007 sebagai notebook kecil dioptimalkan untuk berat badan rendah dan biaya rendah – netbook dihilangkan fitur tertentu (misalnya, optical drive), menampilkan layar yang lebih kecil dan keyboard, dan menawarkan daya komputasi berkurang bila dibandingkan dengan laptop berukuran penuh. Selama evolusi mereka, netbook telah berkisar dalam ukuran dari bawah 5 “diagonal layar sampai 12″. Sebuah berat khas adalah 1 kg (2,2 pon). Seringkali secara signifikan lebih murah daripada laptop lain, pada pertengahan 2009, beberapa operator data nirkabel mulai menawarkan netbook kepada pengguna “gratis”, dengan pembelian kontrak perpanjangan layanan.

Dalam waktu singkat sejak penampilan mereka, netbook tumbuh dalam ukuran dan fitur, dan menyatu dengan yang lebih kecil, lebih ringan dan laptop subnotebooks. Pada bulan Agustus 2009, ketika membandingkan netbook Dell ke notebook Dell, CNET disebut netbook “tidak lebih dari kecil, notebook murah,” mencatat, “spesifikasi sangat mirip bahwa rata-rata pembelanja kemungkinan akan bingung mengapa satu lebih baik daripada yang lain, “dan” satunya kesimpulan adalah bahwa ada benar-benar ada perbedaan antara perangkat ” Dalam upaya untuk mencegah mengorbankan laptop lebih menguntungkan dalam lineup mereka, produsen dikenakan beberapa kendala pada netbook., namun hal ini akan segera mendorong netbook menjadi niche di mana mereka memiliki keunggulan khas beberapa atas laptop tradisional atau komputer tablet (lihat di bawah).

Pada 2011, meningkatnya popularitas komputer tablet (terutama iPad)-faktor bentuk yang berbeda, tetapi dengan kemampuan komputasi lebih baik dan produksi yang lebih rendah biaya-telah menyebabkan penurunan penjualan netbook. Pada akhir tinggi dari spektrum kinerja , ultra-ringan portabel dengan keyboard tradisional dan tampilan telah merevolusi oleh 11,6 “MacBook Air, yang membuat pengorbanan kinerja sedikit meskipun dengan biaya produksi jauh lebih tinggi. Memanfaatkan keberhasilan MacBook Air, Menanggapi MacBook Air, Intel dipromosikan ultrabooks sebagai standar tinggi mobilitas baru, yang telah dipuji oleh beberapa analis sebagai berhasil di mana netbook gagal.  Akibatnya dari dua perkembangan, netbook dari 2011 telah membuat harga sebagai titik mereka hanya kuat, kalah di departemen desain, kemudahan penggunaan dan portabilitas untuk tablet dan ultrabooks dalam fitur dan kinerja lapangan.

Sejarah Notebook

Asal-usul netbook dapat ditelusuri ke kisaran Toshiba Libretto yang sangat populer sub-notebook. The 6 “Libretto 20 tanggal kembali ke awal 1996 dan beratnya hanya 840g. Apple juga memiliki garis Duos PowerBook yang ultra-portable Macintosh laptop di pertengahan tahun 90an. Baru-baru ini, sekarang-dihentikan garis Netbook Psion, para OLPC XO-1 (awalnya disebut US $ 100 laptop) dan Foleo Palm semua, portabel kecil, jaringan-enabled komputer. Penggunaan generik dari “netbook” panjang, bagaimanapun, dimulai pada 2007 ketika Asus meluncurkan Asus Eee PC. Awalnya dirancang untuk pasar negara berkembang, yang 23 cm × 17 cm (9,1 × 6,7 di dalam) perangkat beratnya sekitar 0,9 kg (2 lb) dan menampilkan 7 di (18 cm) layar, keyboard sekitar 85% ukuran dari keyboard normal, solid-state drive dan versi kustom dari Linux dengan antarmuka pengguna disederhanakan diarahkan penggunaan netbook  Setelah Eee PC, Everex meluncurkan berbasis Linux yang CloudBook,. Windows XP dan Windows Vista model juga diperkenalkan dan MSI Wind dirilis – lain segera mengikutinya.

Proyek OLPC, yang dikenal untuk inovasi dalam memproduksi netbook tahan lama, biaya-dan kekuasaan-efisien untuk negara-negara berkembang, dianggap sebagai salah satu faktor utama yang menyebabkan produsen komputer atas hardware untuk mulai membuat netbook murah untuk pasar konsumen. Ketika PC Asus Eee pertama terjual lebih dari 300.000 unit dalam empat bulan, perusahaan seperti Dell dan Acer mencatat dan mulai memproduksi netbook mereka sendiri murah. Dan sementara OLPC XO-1 target khalayak yang berbeda daripada netbook produsen lain, tampak bahwa OLPC kini menghadapi persaingan. Negara-negara berkembang sekarang memiliki pilihan besar vendor, dari mana mereka dapat memilih murah netbook yang mereka inginkan.
Pasar popularitas netbook dalam laptop di paruh kedua tahun 2008 berdasarkan jumlah klik produk di Subkategori Laptop per bulan dengan PriceGrabber

Pada akhir 2008, netbook sudah mulai mengambil pangsa pasar jauh dari notebook. Berbeda dengan sebelumnya, upaya sebagian besar gagal untuk membangun komputer mini kelas baru utama perangkat komputasi personal dibangun di sekitar platform relatif mahal memerlukan aplikasi perangkat lunak berpemilik atau memaksakan keterbatasan kegunaan parah, keberhasilan baru-baru ini netbook juga dapat dikaitkan dengan fakta bahwa teknologi PC kini telah matang cukup untuk memungkinkan benar-benar biaya implementasi dioptimalkan dengan kinerja yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sebagian besar pengguna PC. Hal ini diilustrasikan oleh fakta bahwa sistem kinerja khas netbook adalah pada tingkat dari PC mainstream pada tahun 2001, sekitar seperempat dari biaya. Sementara ini sudah cukup tingkat kinerja untuk sebagian besar kebutuhan pengguna, hal ini menyebabkan peningkatan minat sumber daya yang efisien aplikasi seperti Google Chrome, dan memaksa Microsoft untuk memperpanjang ketersediaan Windows XP untuk mengamankan pangsa pasar. Diperkirakan bahwa hampir tiga puluh kali lebih netbook dijual pada tahun 2008 (11,4 juta, 70% di antaranya berada di Eropa) dari tahun 2007 (400.000). Kecenderungan ini diperkuat oleh munculnya aplikasi berbasis web serta jaringan mobile dan, menurut Majalah Wired, netbook berkembang menjadi “super-portable laptop untuk para profesional”  Resesi berlangsung juga membantu dengan pertumbuhan penjualan netbook.

Di Australia, New South Wales Departemen Pendidikan dan Pelatihan, dalam kemitraan dengan Lenovo, menyediakan Tahun 9 (SMA) siswa di sekolah negeri tinggi dengan bebas Lenovo S10e netbook pada tahun 2009, Lenovo Mini 10 netbook tahun 2010, Lenovo Edge 11 netbook pada tahun 2011 dan dimodifikasi Lenovo X130e netbook pada tahun 2012, masing-masing dimuat dengan perangkat lunak termasuk Microsoft Office dan Adobe Creative Suite Systems 4. Ini disediakan di bawah Revolusi Pendidikan Digital Perdana Menteri Kevin Rudd, atau DER. Netbook menjalankan Windows 7 Enterprise. Netbook ini dijamin dengan Computrace Lojack untuk laptop bahwa polisi dapat digunakan untuk melacak perangkat jika hilang atau dicuri. The DET NSW mempertahankan kepemilikan netbook ini sampai lulusan mahasiswa dari 12 Tahun, ketika siswa dapat menyimpannya. Pemerintah Trinidad dan Tobago-Perdana Menteri Kamla Persad Bisseser – juga menyediakan laptop gratis HP untuk membentuk 1 Siswa (11 tahun) dengan polisi piranti lunak yang sama seperti di atas dilacak.

Yunani menyediakan semua siswa berusia 13 tahun (sekolah menengah, atau gimnasium, mahasiswa) dan guru mereka dengan netbook gratis di 2009  melalui “Inisiatif Kelas Digital”. Siswa diberikan satu kupon yang unik masing-masing, dengan yang mereka menebus netbook pilihan mereka, hingga langit-langit harga € 450, berpartisipasi toko di seluruh negeri. Netbook ini datang dibundel dengan versi lokal dari baik Windows XP (atau lebih tinggi) atau open source (misalnya Linux) sistem operasi, kabel dan fungsi jaringan nirkabel, perlindungan antivirus, kontrol orangtua preactivated, dan paket perangkat lunak pendidikan.

Microsoft dan Intel telah mencoba untuk netbook “semen” di low end dari pasar untuk melindungi penjualan notebook PC mainstream, karena mereka mendapatkan margin yang lebih rendah pada rendah-biaya model. Perusahaan-perusahaan telah membatasi spesifikasi dari netbook, tetapi meskipun ini produsen peralatan asli telah mengumumkan lebih tinggi-end model netbook per Maret 2009.

Mengakhiri tahun 2008 laporan tersebut adalah bahwa netbook khas menampilkan 1,4 kg (3 lb) berat badan, 9 di (23 cm) layar, konektivitas internet nirkabel, Linux atau Windows XP, sebuah prosesor Intel Atom, dan biaya kurang dari $ 400 AS Sebuah pertengahan tahun 2009 artikel surat kabar. mengatakan bahwa netbook khas adalah 1,2 kg (2,6 lb), US $ 300, dan memiliki 10 dalam (25 cm) layar, 1 GB random-access memory, sebuah 160 GB hard disk drive, dan sebuah transceiver nirkabel baik untuk rumah dan jaringan seluler. Pembeli melaju pasar netbook arah layar yang lebih besar, yang tumbuh dari 7 di (18 cm) di Eee PC Asus asli 700-12 dalam (30,5 cm) model pada musim panas tahun 2009.

Setelah mencapai puncaknya sekitar sekitar 20% dari pasar komputer portabel, netbook mulai sedikit kehilangan pangsa pasar (dalam kategori) pada awal 2010, bertepatan dengan penampilan dan keberhasilan iPad Teknologi komentator Ross Rubin. Berpendapat dua setengah tahun kemudian di Engadget bahwa “Netbook tidak pernah mendapat hal apapun. Sementara Steve Jobs menegur netbook dengan pengenalan iPad, iPad berutang sedikit utang ke laptop kecil netbook ini menunjukkan potensi perangkat, komputasi murah portabel kedua,. dengan ukuran layar sekitar 10 inci, terutama ditujukan untuk konsumsi media dan produktivitas cahaya. ” Meskipun beberapa produsen langsung menyalahkan persaingan dari iPad, beberapa analis menunjukkan bahwa lebih besar, laptop sepenuhnya matang telah memasuki kisaran harga netbook di sekitar saat yang sama.

11.6-inch MacBook Air, diperkenalkan pada akhir 2010, dibandingkan baik untuk banyak netbook dalam hal kekuatan pemrosesan, tetapi juga ergonomi, pada £ 2,3 menjadi lebih ringan dari beberapa 10-inch netbook, karena sebagian untuk integrasi chip flash storage di papan utama logika . Ini digambarkan sebagai netbook superlatif (atau setidaknya seperti apa netbook seharusnya) oleh komentator beberapa teknologi,  meskipun Apple telah pernah disebut seperti itu , kadang-kadang menggambarkan hal-dalam kata-kata Steve Jobs-sebagai “jenis ketiga notebook.”  Model entry level memiliki MSRP sebesar $ 999, biaya secara signifikan lebih dari netbook rata-rata, sebagai tiga sebanyak atau empat kali lebih.

Pada tahun 2011 penjualan tablet menyalip netbook untuk pertama kalinya, dan pada tahun 2012 penjualan netbook turun sebesar 25 persen, tahun-ke-tahun.  Penurunan berkelanjutan sejak 2010 telah paling menonjol di Amerika Serikat dan di Eropa Barat, sementara Latin Amerika masih menunjukkan beberapa pertumbuhan moderat. Pada bulan Desember 2011, Dell mengumumkan bahwa ia keluar dari pasar netbook  Pada bulan Mei 2012, Toshiba mengumumkan melakukan hal yang sama, setidaknya di Amerika Serikat. Sebuah Agustus 2012 artikel oleh John C. Dvorak di PC Magazine mengklaim bahwa “netbook” istilah “hampir pergi dari leksikon sudah”, yang telah digantikan di pasar sebagian besar oleh (dan MacBook Air terinspirasi) lebih kuat ultrabook-dijelaskan sebagai “netbook pada steroid”-dan sedikit oleh tablet  Pada September 2012 Asus, Acer dan MSI mengumumkan bahwa mereka akan berhenti memproduksi 10-inch netbook  Bersamaan Asus mengumumkan mereka akan berhenti mengembangkan semua Eee.. produk PC, tetapi sebaliknya berfokus pada campuran garis mereka tablet-netbook Transformer.

About these ads

4 thoughts on “Perbedaan Tablet, Smartphone, Laptop, Netbook”

  1. Thanks for another informative blog. The place else could I get that type of info written in such an ideal method? I have a undertaking that I’m simply now operating on, and I have been at the look out for such information.

  2. I discovered your “Perbedaan Tablet, Smartphone, Laptop, Netbook | Mang Hasan Abdulah” page and noticed you could have a lot more traffic. I have found that the key to running a website is making sure the visitors you are getting are interested in your subject matter. There is a company that you can get traffic from and they let you try it for free. I managed to get over 300 targetted visitors to day to my website. Visit them today: http://bag.sh/16M

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s