Panduan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Plus Al-Hasanah 2013/2014

I. PENDAHULUANLogo SMK

Dalam rangka memberikan kontribusi positif ibu pertiwi, bagaimana masyarakat tasikmalaya erkenal mempunyai skill tinggi, padat ilmu, memiliki ketaatan dan kesalehan sosial yang tinggi, Yayasan HS. Budiman 45 tampil dengan SMK Plus Al-Hasanah berupaya untuk menjadi pilihan, solusi atas permasalahan masyarakat tasikmalaya dalam bidang pendidikan yang berkualitas dan berpihak kepada masyarakat yang kurang mampu untuk mengantarkan setiap impian menjadi kenyataan.

SMK Plus Al-Hasanah kembali membuka penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2013/2014, melalui dua jalur masuk yaitu ; jalur beasiswa/non tes (beasiswa prestasi akademik, beasiswa prestasi ekstrakurikuler, beasiswa tidak mampu, beasiswa putra/putri karyawan budiman) dan jalur non beasiswa/tes tulis. total beasiswa Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) untuk 100 siswa yang memenuhi syarat.

Sesuai dengan daya tampung dan ketersediaan fasilitas di SMK Plus Al-Hasanah, PPDB tahun ini menerima 8 kelas tetap (per rombel satu kelas tetap) yaitu; Teknik Komputer Jaringan (TKJ) 3 kelas, Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 3 kelas dan Jasa Boga (JB) 2 kelas, dengan komposisi maksimal 32 siswa per kelas.

II. LANDASAN

1. Peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2011 tentang pembinaan prestasi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan atau bakat dan prestasi.

2. Arahan dari yayasan HS. Budiman 45 tentang penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2013/2014 dan proses pemberian beasiswa prestasi, beasiswa tidak mampu dan beasiswa putra-putri karyawan budiman.

III. TUJUAN

1. Melaksanakan program wajib belajar 12 tahun dan mengurangi angka putus sekolah dengan memberikan beasiswa prestasi dan beasiswa tidak mampu.

2. Menyalurkan minat belajar siswa lulusan SMP/Mts untuk memperoleh pendidikan lanjutan yang berkualitas dan terjangkau.

IV. FASILITAS YANG DIBERIKAN

1. Pada tahap I disediakan beasiswa untuk 70 siswa berupa potongan biaya spp sebesar Rp. 600.000,-

2. Pada tahap II disediakan beasiswa untuk 30 siswa berupa potongan biaya spp sebesar Rp. 300.000,-

3. Disediakan asrama untuk siswa yang berdomisili jauh dari sekolah

4. Tiap rombongan belajar mempunyai satu kelas tetap dan gedung baru milik sendiri

5. Penempatan dan penelusuran lulusan sesuai dengan minat dan bakat siswa

6. Pembelajaran kejuruan dipadukan dengan pembelajaran
pesantren

7. Menjalin kerjasama dengan perusahaan (Budiman Group, PT. Astra Daihatsu motor, PT. Denso Indonesia, PT. GI, PT. Suai, PT. Subang Autocom, PT. United Can, PT. Chemco,Dll)

8. Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi ternama di indonesia (PNJ-UI, Polman-ITB, Polban-ITB, UGM, Polman Astra, ITSB, UTY, Unsil, CBI, LP3I,STT YBSI Internasional, Dll)

9. Biaya daftar ulang hanya 500 ribuan

V. JADWAL KEGIATAN SELEKSI

Seleksi Tahap I
Jalur Non tes/Beasiswa
1. Pendaftaran                                           : 01 februari s.d 06 Maret 2013
2. Wawancara                                            :07 Maret , Jam 08.00 WIB
3. Proses seleksi                                        : 07 s.d 08 Maret 2013
4. Pertemuan orang tua/wali siswa
dan pengumuman hasil seleksi             :09 Maret 2013, Jam 08.00 WIB
5. Daftar ulang                                          :11 s.d. 23 Maret 2013

Jalur Tes Tulis/Non Beasiswa
1. Pendaftaran                                           : 01 februari s.d 20 Maret 2013
2. Ujian Tulis/tes potensi akademik    : 21 Maret , Jam 08.00 WIB
3. Pemeriksaan hasil tes                         : 21 s.d 22 Maret 2013
4. Pertemuan orang tua/wali siswa
dan pengumuman hasil seleksi             : 23 Maret 2013, Jam 08.00 WIB
5. Daftar ulang                                          : 25 Maret s.d. 06 April 2013

Seleksi Tahap II
Jalur Non tes/Beasiswa
1. Pendaftaran                                           : 11 Maret s.d 24 April 2013
2. Wawancara                                            : 25 April 2013 , Jam 08.00 WIB
3. Proses seleksi                                        : 25 s.d 26 Maret 2013
4. Pertemuan orang tua/wali siswa
dan pengumuman hasil seleksi             : 27 April 2013, Jam 08.00 WIB
5. Daftar ulang                                          : 29 April s.d. 11 Mei 2013

Jalur Tes Tulis/Non Beasiswa
1. Pendaftaran                                           : 11 Maret s.d 03 Mei 2013
2. Ujian Tulis/tes potensi akademik    : 04 Mei 2013, Jam 08.00 WIB
3. Pemeriksaan hasil tes                         : 06 s.d 08 Maret 2013
4. Pertemuan orang tua/wali siswa
dan pengumuman hasil seleksi             : 09 Mei 2013, Jam 08.00 WIB
5. Daftar ulang                                          : 10 s.d. 24 Mei 2013

Seleksi Tahap III
Jalur Tes Tulis/Non Beasiswa
1. Pendaftaran                                           : 01 Mei s.d 19 Juni 2013
2. Ujian Tulis/tes potensi akademik    : 20 Juni 2013, Jam 08.00 WIB
3. Pemeriksaan hasil tes                         : 20 s.d 21 Juni 2013
4. Pertemuan orang tua/wali siswa
dan pengumuman hasil seleksi             : 22 Juni 2013, Jam 08.00 WIB
5. Daftar ulang                                          : 22 s.d. 29 Juni 2013

VI. PROSEDUR PENDAFTARAN

a. Siswa berusia maksimal 18 tahun dibuktikan dengan fotokopi akta kelahiran

b. Membayar uang  pendaftaran sebesar Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah)

c. Mengisi formulir pendaftaran dan surat pernyataan yang disediakan panitia

d. Menyerahkan foto terbaru berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar

e. Menyerahkan surat keterangan kelakuan baik dari kepala sekolah atau dari kepolisian bagi pendaftar yang telah lulus tahun 2012 atau 2011

f. STL/SKHU asli dan fotokopi yang telah dilegalisir 1 lembar (dapat menyusul)

g. Peserta didik dari luar Kab.Tasikmalaya menyerahkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kab/Kota asal dan bagi yang berasal dari luar Provinsi Jawa Barat menyerahkan rekomendasi dari Dinas Pendidikan Provinsi asal (dapat menyusul)

h. Mengikuti tes potensi akademik sesuai dengan jadwal yang ditentukan (hanya untuk pendaftar jalur ujian).

Khusus jalur beasiswa (tambahan)
i. Siswa terdaftar di kelas IX SMP/Mts pada tahun ajaran 2013/2013

j. Mengikuti wawancara sesuai dengan jadwal yang ditentukan

k. Menyerahkan fotokopi raport semester 1 s/d 5 yang telah dilegalisir

l. Memiliki nilai raport rata-rata minimal 73 untuk semester 1 s.d. 5

m. Masuk 10 besar (rangking 1 s/d 10) dikelas (khusu beasiswa prestasi akademik)

n. Memiliki prestasi non akademik juara 1 s.d 3 minimal tingkat kecamatan dibuktikan dengan melampirkan piagam/sertifikat asli yang diperoleh selama menempuh pendidikan di SMP/Mts (khusus beasiswa prestasi non akademik)

o. Menyerahkan surat keterangan tidak mampu dari desa/kelurahan ( khusu untuk beasiswa tidak mampu)

p. Menyerahkan surat keterangan bekerja di Budiman Group (khusus beasiswa putra-putri karyawan budiman)

q. Seluruh berkas PPDB dimasukan kedalam map Warna hijau untuk TKJ, Warna Merah untuk TKR, dan Warna Kuning untuk Jasa Boga.

r. Semua berkas PPDB dapat diserahkan secara kolektif dari sekolah masing-masing atau diserahkan sendiri ke sekretariat pendaftaran SMK Plus Al-Hasanah Jl. Gunungtanjung KM 8 Desa Cinunjang Kec. Gunungtanjung Kab. Tasikmalaya 46197 telp (0265) 2390146 Hp 085 283 400 793.

VII. PENUTUP

Demikian pedoman penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2013/2014, semoga panduan ini dapat menjadi acuan bagi bapak/ibu, saudara/saudari yang membaca pedoman penerimaan peserta didik baru 2013/2014 di SMK Plus Al-Hasanah.

NB:

Baru 2 Tahun SMK Plus Al Hasanah Berdiri sudah mendapatkan :

  • —  Juara umum 2 Lomba Tangkas Pramuka se Jawa Barat di Unsil 2010
  • —  Juara 1 Lomba Pionering se Jawa Barat  2010
  • —  Juara umum 2 tingkat Kab. Tasimalaya “Kanira”  2010
  • —  Juara 2 LKS tingkat Kab. Tasikmalaya mata lomba Otomotif  2011
  • —  Juara 3 LKS tingkat Kab. Tasikmalaya mata lomba kewirausahaan 2011
  • —  Juara 1 Jejaka se Kab. Tasikmalaya 2011
  • —  Juara 3 Debating, se Kab. Tasikmalaya 2011
  • —  Juara 3 Presenter dan se Kab. Tasikmalaya 2011
  • —  Juara 1 Teknologi Tepat Guna se-Priangan Timur SMANDA 2011
  • —  Juara 2 Hiking se Priangan Timur SMANDA 2011
  • —  Juara 2 LKS se- Kab. Tasikmalaya mata lomba Otomotif  2012
  • —  Juara 3 LKS se-Kab. Tasikmalaya mata lomba kewirausahaan 2012
  • —  Juara 2 LKS Pidato  se- Kabupaten Tasikmalaya 2012
  • —  Juara 2 LKBB Putri Se Priangan timur di UNIGAL 2012
  • —  Juara 3 LKBB Putra Se-Priangan Timur di UNIGAL 2012
  • —  Juara 2 Teknologi Tepat Guna se-Priangan Timur SMANDA 2012

Tonton juga Berita SMK Plus Al-Hasanah di Bawah ini.🙂

6 thoughts on “Panduan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Plus Al-Hasanah 2013/2014

    • Untuk asrama di sekolah belum disediakan insya alloh kedepannya akan dipertimbangkan kembali karena banyak yang jauh seperti dari cikalong dan cikatomas. jadi untuk sekarang ini menjalin kerja sama dengan pesantren yang ada di Gunungtanjung pada khususnya di Pesantren Almunir Cinunjang …bisa di sana karena pesantren tersebut yang punya nya masih keluarga besar Budiman,,

      • alhamdulilah untuk fasilitas untuk sekolah yang baru berdiri mulai dibuka tahun akademik 2009sudah cukup memadai mulai dari ruangan kelas yang ada wc di dalam kelas peralatan peraktek yang cukup memadai juga dan fasilitas lainnya.
        kalau mau lebih jelas silahkan datang aja ke SMK Plus Al-Hasanah Jalan raya Gunungtanjung KM.08 no 25 Desa Cinunjang Kec. Gunungtanjung Kab. Tasikmalaya.
        Silahkan datang aja kami selalu terbuka ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s