Landasan (AD,ART) it+

A. Pendahuluanit+

Perkembangan teknologi komputer dunia begitu pesat, sehingga komputer masuk ke segala sisi aspek kebutuhan manusia modern, dan komputer harus siap melayani keperluan manusia untuk hal yang berhubungan dengan komputersasi (semua bentuk pengolahan yang melibatkan perangkat komputer)

Dari fungsinya komputer diperbantukan untuk mengolah berbagai macam informasi sesuai bidang garapan user-nya masing-masing. Komputer berupa mesin yang dibangun dari Hardware dan Software, dimana hardware terdiri dari komponen (peripheral) yang dikelompokan pada perangkat input, processing, output dan perangkat pendukung lainnya dan dirangkai sehingga menjadi sebuah mesin yang disebut dengan komputer dan memiliki fungsi tak hingga didalam pemrosesan data sesuai dengan target dari pengguna komputer itu sendiri (user).

B. Dasar Kebutuhan Ekstra Kurikuler TI (it+) di SMK Plus Al Hasanah

Penggunaan komputer yang semakin kompleks akan membutuhkan beberapa aspek seperti pengembangan penggunaan, upgrade peralatan, perawatan dan berbagai penanganan perangkat baik dari sisi perangkat fisiknya (hardware) atau dari sisi system yang berjalan diatas perangkat tersebut (software) kegiatan tersebut bersifat resolve problem atau troublshoot untuk tiap-tiap kondisi yang dibutuhkan.

Hardware komputer akan bisa berfungsi apabila semua komponen yang membentuknya dalam keadaan baik, dan jika terdapat salahsatu dari komponennya tidak berfungsi, maka dapat dipastikan bahwa mesin komputer tidak bisa difungsikan. Komponen komputer sewaktu dijalankan ada sebagian komponen yang menghasilkan panas, ada yang bergerak, ada yang bertempat pada posisi terbuka dan posisi tertutup, dimana semua komponen bertumpu pada satu sumberdaya yaitu energi listrik. Dengan demikian setiap komponen harus mendapatkan perhatian oleh user agar perangkat tersebut dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.

Software komputer merupakan system yang diciptakan dari rumusan algoritma logika manusia dan ditulis melalui aturan bahasa pemrograman (language programming) tertentu untuk tujuan tertentu. Kemajuan software memungkinkan lebih cepat pada perkembangan versinya guna untuk menutupi kekurangan melalui patch atau update, atau menambah fitur dari software yang bersangkutan. Software akan memaksimalkan perangkat komputer dan menjembatani user melalui interaktif dengan perangkat untuk mencapai tujuan tertentu didalam komputerisasi.

Komputer tidak sebatas dapat bekerja secara perorangan (standalone) melainkan komputer dapat dijadikan sebagai mesin yang saling berhubungan dengan komputer lainnya, hal inilah yang disebut dengan “jaringan komputer” yang akan menjadikan manusia (user/ brainware) dapat bekerja secara bersama-sama atau saling terhubung antara satu user dengan user lainnya. Hal yang mendasari dari kebutuhan jaringan berupa komunikasi informasi, pertukaran data (sharing), pengambilan resource dari mesin lain dan sebagainya.

Didalam jaringan komputer, ada komputer yang difungsikan sebagai komputer pelayan (Server) dan ada komputer yang difungsikan sebagai komputer pengguna layanan (computer client/ workstation). Komputer Server merupakan mesin komputer khusus yang dirancang untuk kepentingan penanganan komputerisasi didalam jaringan dengan dukungan system khusus untuk pelayanan (server) terhadap client-nya, komputer server bertugas mengawasi dan mengendalikan suatu sistem jaringan dan menyimpan atau menyediakan informasi didalam jaringan tersebut, server juga menyediakan layanan bagi workstation, sedangkan komputer workstation merupakan node atau client yang mendapatkan layanan dari server.

Ekstrakurikuler Information Technology (it)/ Teknologi Informasi (TI) yang berisi seputar kegiatan siswa dalam upaya memperbanyak pelatihan siswa pada bidang komputer yang disepakati “sebagai kegiatan positif yang bersumber dari sebuah kebutuhan akan kemampuhan siswa dalam menguasai bidang Teknologi Informasi Komputer”, Mengingat kegiatan tersebut berhubungan dengan pelajaran inti pada pelajaran SMK Bidang Teknologi Informasi sub Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan pelajaran ‘Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi’ (KKPI).

Hal dasar yang berhubungan dengan “kenapa harus lahir ekstra kurikuler bidang IT?” yaitu:

  • penguasaan dasar-dasar komputer siswa-siswi SMK Plus Al-Hasanah masih rendah mengingat siswa-siswi yang masuk tidak semuanya sudah mengenal komputer sejak awal/ sebelum masuk ke SMK Plus Al-Hasanah
  • rendahnya angka siswa yang memiliki komputer dirumah, sehingga siswa-siswi hanya mengandalkan berlatih sewaktu pertemuan pada pelajaran yang bersangkutan
  • memberikan wawasan tambahan bidang TI yang berhubungan dengan kebutuhan dilingkungan dan di tempat-tempat bekerja, tetapi tidak ada pada kurikulum, sementara kebutuhan tersebut bersifat kebutuhan umum dari penguasaan bidang TI
  • melatih siswa pada perangkat yang sebenarnya (tidak bersifat simulasi) melalui aplikasi langsung pada perangkat-perangkat yang digunakan di SMK Plus Al Hasanah dengan bimbingan spesifik
  • melatih dan menyaring siswa untuk ditunjuk sebagai pembantu instruktur kepada sesama temannya sewaktu pelajaran di kelas, mengingat pelajaran komputerisasi banyak kegiatan praktikumnya, dan hal tersebut membuat kesulitan tersendiri jika hanya dilakukan oleh satu orang instruktur (guru) saja
  • membantu siswa memperbanyak masa latihan praktikum diluar jam pelajaran yang dirasakan terbatas waktu
  • memilih dan menyaring kader-kader pelaksana unit produksi dibidang jasa/ pelayanan dan produksi jurusan
  • ikut merawat perangkat pembelajaran komputerisasi di SMK Plus Al Hasanah bagi siswa yang sudah memiliki kompetensi
  • memilih dan menyaring karakter unggul siswa pada bidang TI untuk diikut sertakan pada bidang-bidang perlombaan tingkat regional, nasional dan internasional

Dari dasar diatas maka lahirlah sebuah Ekstra kurikuler “It+ dimana it+ merupakan sebuah nama yang disepakati oleh semua peserta yang ikut dalam acara perumusan sebuah kebutuhan ekstrakurikuler baru dibidang Teknologi Informasi pada tanggal: 18 Oktober 2011, yang di ikuti oleh kalangan siswa-siswi TKJ perwakilan Kelas X, XII dan XII, Instruktur TKJ dan hasil tembusan dan persetujuan dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Waka Hubin dan Waka Sarana-Prasarana SMK Plus Al Hasanah.

It+ yang menggunakan icon/ logo simpel ini, dirancang untuk tujuan kegiatan yang sangat luas, dimana it+ yang dimaksud merupakan kependekan dari “Information Technology SMK Plus Al Hasanah”. Pemaknaan plus yang dimaksud selain plus dari makna terpadu yang diambil dari SMK Plus Al Hasanah, juga plus dalam bidang kompetensi keahlian khususnya bidang komputerisasi. Diharapkan siswa yang mengikuti kegiatan ekstra kurikuler (ekskul) dapat memiliki nilai-nilai lebih (kompeten) dalam mengolah dan menguasai Komputerisasi terutama yang berhubungan dengan, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Ekstrakurikuler Informations Technology SMK Plus Al-Hasanah (it+)

A. Pengertian

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan murid sesuai dengan kompotensi, bakat dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah.

B. Landasan

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional:
    • Pasal 3 bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi murid.
    • Pasal 4 ayat (4) bahwa pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas murid dalam proses pembelajaran.
    • Pasal 12 Ayat (1b) yang menyatakan bahwa setiap murid pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 5 sampai dengan Pasal 18 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, yang memuat pengembangan diri murid dalam struktur kurikulum setiap satuan pendidikan difasilitasi dan/ atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan.
  4. Dasar kebutuhan kompetensi siswa pada bidang komputer.

C. Visi dan Misi Ekstrakurikuler it+

1. Visi:

Membantu mewujudkan pencapaian Visi dan Misi SMK Plus Al-Hasanah yang menggunaan system berbasis teknologi.

2. Misi:

  1. Melatih dan menambah skill siswa dalam penguasaan bidang komputer dan jaringan
  2. Meningkatkan dan menyiapkan kompetensi siswa menuju kebutuhan dunia kerja
  3. Membantu perawatan fungsi perangkat komputer dan jaringan yang ada di SMK Plus Al-Hasanah

D. Program Pencapaian Visi dan Misi Ekstrakurikuler it+

  • Melatih kemampuan siswa menguasai wawasan Teknologi Informasi berbasis jaringan komputer
  • Melatih siswa di bidang hardware komputer meliputi; perakitan, perawatan/ maintenance dan troubleshoot komputer
  • Melatih siswa dalam penguasaan Operating System (OS) dan software aplikasi meliputi; instalasi, penggunaan aplikasi dan troubleshoot system dan aplikasi
  • Melatih siswa dalam penguasaan perangkat pendukung jaringan dan konfigurasi perangkat jaringaan komputer
  • Melatih siswa dalam penguasaan bidang jaringan internet meliputi; pembuatan website/ blog, manajement client-server dan hosting
  • Mengarahkan skill siswa menuju kebutuhan kerja
  • Menyaring dan mendapatkan siswa untuk diarahkan pada keterlibatan layanan di Internal jurusan dan sekolah.

E. Tematik Kegiatan it+

  1. Tahun Pertama/ Level 1: Melatih peserta pada penguasaan perakitan komputer, instalasi Sistem Operasi, Instalasi Aplikasi dan penguasaan aplikasi sebagai salahsatu pemenuhan kebutuhan sesuai kurikulum sekolah,
  2. Tahun Kedua/ Level 2: Melatih peserta dalam menguasai instalasi dan konfigurasi perangkat jaringan komputer, Instalasi sistem jaringan, Instalasi Aplikasi Jaringan, Instalasi perangkat jaringan berbasis Lokal Area Network (LAN) dan Wireless LAN (WLAN)
  3. Tahun Ketiga/ Level 3: Melibatkan peserta dalam perawatan perangkat jaringan komputer dan laboratorium SMK Plus Al-Hasanah, pelatihan keamanan jaringan, pembuatan website dan penggunaan jaringan berbasis luas, jaringan virtual dan jaringan remote

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s