Petunjuk Pelaksanaan Perlombaan Ekspresi-03 Se-Priangan Timur SMK Plus Al-Hasanah

1. Lomba Lintas Alam Terpadu (l2AT)

A. Waktu,Tempat pelaksanaan dan sistem pendaftaran

Hari/Tanggal : Minggu 03 Maret 2013
Waktu              : Pukul 07 s/d selesai
Tempat            : Kampus SMK Plus Al-Hasanah
Route               : Wilayah Kecamatan Gunungtanjung

Sistem Pendaftaran:

a. Pendaftaran mulai dibuka dari beredarnya surat ini disampai dengan tanggal 28 februari 2013. setiap hari pukul 07.00 s/d 15.00

b. Tempat Pendaftaran

  • Kampus SMK Plus Al-HasanahJalan Raya Gunungtanjung KM 08 No 25 telpn (0265) 2390146 Kab. Tasikmalaya 46197
  • Lewat contact person 085774761059 (ridwan awal maulana) atau 08166949395 (roni hidayat)

c. Biaya pendaftaran

  • Tingkat smp/mts/sederajat rp. 65.000/regu
  • Tingkat sma/smk/sederajat rp. 70.000/regu

d. Pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan tatacara sebagai berikut:

  • Kirim sms dengan format :daftar_namasekolah_namaregu_namapendaftar
    kirimke 081646949395
    contoh: daftar_SMPN 1 Gunungtanjung_Idan
  • Setelah melakukan pendaftaran online maka anda akan mendapatkan sms balasannya itu berupa nomor pendaftaran. misal : 001 (nomor pendaftaran digunakan untuk identitas pendaftaran).

(Ket:untuk pendaftar online biaya pendaftaran diserahkan paling akhir pada waktu technical meeting tanggal 17 februari 2013)

B. Persyaratan Peserta

1. Persyaratan Regu:

  • Setiap regu terdiri dari 5 orang
  • Anggota regu terdiri dari regu putra/putri /regu putra-putri(campuran).
  • Setiap sekolah atau pangkalan berhak mengirimkan lebih dari 1 regu.
  • Membawa alat tulis dan takenplane.
  • Berseragam bebas (kompak dan unik)
  • Setiap regu wajib mempunyai yel-yel regu (suara regu).
  • Mentaati tata tertib.

2. Persyaratan Peserta:

  • Berbadan sehat
  • Membawa surat mandat dari sekolah
  • Membawa alat sholat
  • Membawa makan dan minum sendiri untuk diperjalanan

3. Peserta dilarang

  • Mengganggu lingkungan sekitar
  • Dilarang membawa senjata tajam, obat-obatan terlarang,miras dan lainnya yang dapat menghilangkan pengendalian diri dan mengganggu tata tertib umum.

4. Tata Tertib Peserta

  • Hadir 30 menit sebelum registrasi ulang dimulai.
  • Mengikuti route yang ditentukan oleh panitia.
  • Menjaga agar buku panduan dan tanda peserta tidak hilang
  • Pembina atau pendamping tidak boleh bergabung dengan peserta selama kegiatan.
  • Segala peraturan penting dan belum tercantum, akan diberlakukan sesuai dengan situasi dan kondisi.
  • Apabila tata tertib tidak dilaksanakan, panitia bayangan akan melakukan pengurangan nilai akhir sesuai dengan tingkatan pelanggaran.
  • Keputusan panitia tidak bisa diganggu gugat.

5. Tehnical Meeting
Hari         : Minggu
Tanggal   : 17 Februari 2013
Pukul       : 10.00 s/d selesai
Ttempat  : Kampus SMK Plus Al-Hasanah

Ket: Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan pada saat tehnical meeting atau contact person 081646949395 (Roni Hidayat).

6. Materi Kegiatan

  • Pengetahuan baris-berbaris
  • Pengetahuan dan teknik kepramukaan
  • Pengetahuan umum
  • Pengetahuan PMR
  • Pengetahuan akademis
  • Halang rintang

7. Kriteria Penilaian

  • Ketepatan waktu
  • Ketepatan menjawab soal
  • Kekompakan dan kreativitas
  • Kedisiplinan
  • Keutuhan regu

2. Loma Pentas Seni (Solo)

A. Waktu, Tempat pelaksanaan dan Sistem Pendaftaran

Waktu pPelaksanaan

Hari/Tanggal : Minggu, 03 maret 2013
Waktu              : Pukul 07.30 s/d selesai
Tempat            : Kampus SMK Plus Al-Hasanah

Sistem Pendaftaran:

a. Pendaftaran mulai dibuka dari beredarnya surat ini disampai dengan tanggal 28 februari 2013. setiap hari pukul 07.00 s/d 15.00

b. Tempat Pendaftaran

  • Kampus SMK Plus Al Hasanah
    Jalan Raya Gunungtanjung KM 08 No 25 telpn (0265) 2390146 Kab. Tasikmalaya 46197
  • Lewat contact person 085774761059 (ridwan awal maulana) atau 08166949395 (roni hidayat)

c. Biaya Pendaftaran

  • Tingkat SMP/Mts/sederajat Rp. 65.000/regu
  • Tingkat SMA/SMK/sederajat Rp. 70.000/regu

d. Pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan tatacara sebagai berikut:

  • Kirim sms dengan format :
    daftar_namasekolah_namaregu_namapendaftar
    kirimke 081646949395
    contoh: daftar_SMPN 1 Gunungtanjung_Idan
  • Setelah melakukan pendaftaran online maka anda akan mendapatkan sms balasannya itu berupa nomor pendaftaran. misal : 001 (nomor pendaftaran digunakan untuk identitas pendaftaran).

(Ket: Untuk pendaftar online biaya pendaftaran diserahkan paling akhir pada waktu technical meeting tanggal 17 februari 2013).

B. Persyaratan Peserta

1. Persyaratan Peserta:

  • Setiap sekolah minimal mengirimkan satu perwakilan boleh lebih
  • Bisa bernyanyi
  • Penampilan live
  • Membayar uang pendaftaran Rp. 45.000,-(SMA), dan Rp. 40.000,-(SMP)
  • Lagu disesuaikan dengan keinginan peserta
  • Kejuaraan SMP dan SMA dipisah
  • Setiap tingkatan putra-putri kejuaraan dicampur

2. Tata Tertib Perlombaan

Tatatertib khusus:

  • Hadir 30 menit sebelum registrasi ulang dimulai
  • Membayar uang pendaftaran yang telah ditentukan
  • Memakai pakaian seragam batik atau khas sekolah
  • Keputusan panitia/dewan juri tidak bisa diganggu gugat

3. Tehnical Meeting
Hari        : Minggu
Tanggal  : 17 Februari 2013
Pukul      : 10.00 s/d selesai
Tempat   : Kampus SMK Plus Al-Hasanah

Ket: hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan pada saat tehnical meeting atau contact person 081646949395 (Roni Hidayat), pada saat tehnical meeting sekaligus pengambilan nada dasar.

4. Kriteria Penilaian

  • Vokal
  • Penghayatan lagu

3. Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB)

A. Ketentuan umum

  1. Peserta adalah kelompok yang mewakili sekolah setiap kelompok terdiri atas 16 siswa/siswi campuran tingkat SMP,SMA sederajat.
  2. Tiap regu boleh putra/putri/campuran.
  3. Peserta harus mendaftarkan diri kepada panitia paling lambat tanggal 28 februari 2013 dengan menyerahkan formulir pendaftaran yang telah diketahui oleh kepala sekolah dan surat rekomendasi.
  4. Biaya pendaftaran SMP sederajat rp.110.000,-
  5. Biaya pendaftaran SMA sederajat rp. 115.000,-
  6. Setiap sekolah boleh mengeluarkan lebih dari 1 pleton untuk mewakili 1 sekolah
  7. Diharapkan datang 15 menit sebelum lomba dimulai.
  8. Wajib mengikuti tehnical meeting.
  9. Waktu Pelaksanaan:Hari / Tanggal : Sabtu, 02 Maret 2013
    Waktu                : Pukul 07.30 s/d selesai
    Tempat              : Kampus SMK Plus Al-Hasanah

B. Ketentuan Materi perlombaan

  1. Kategori SMP/SMA
    a. Gerakan ditempat

    • Sikap istirahat
    • Periksa kerapihan
    • Ssikap sempurna
    • Bberhitung
    • Sikap hormat
    • Ssetengah lencang kanan dan kiri
    • Llencang kanan dan kiri
    • hHadap kanan dan hadap kiri
    • Hadap serong kanan dan serong kiri
    • Balikanan
    • Jalan ditempat

    b. Gerakan Pindah tempat

    • 4 langkah ke kiri dan kanan
    • 4 langkah kebelakang dan kedepan

    c. Gerakan henti ke berjalan

    • Langkah tegap
    • Langkah biasa

    d. Gerakan berjalan ke berjalan

    • Langkah biasa ke langkah tegap
    • Langkah tegap ke langkah biasa
    • Hormat kanan
    • Tiap-tiap banjar 2 kali belokkanan

    e. Gerakan berjalan ke berhenti

    • Langkah biasa ke hadap kanan henti
    • Langkah biasa ke hadap kiri henti
    • Langkah biasa ke balik kanan henti

    f. Variasi dan Formasi

C. Kriteria penilaian

  1. Kostum
    Penilaian terdiri dari :

    • Postur tubuh pasukan
    • Alas kaki
    • Kekompakan atribut
    • Kekompakan seragam
  2. Pasukan
    Penilaian terdiri dari:

    • Kelengkapan,keutuhan anggota pasukan
    • Kekompakan gerakan
    • Kkeserasian gerakan
    • Ssemangat pasukan
    • Kerapihan saf dan banjar
  3. Formasi Dan Variasi
    Penilaian terdiri dari:

    • Tingkat kesulitan
    • Kekompakan gerakan
    • Keindahan dan kerapihan gerakan
    • Gerakan PBB murni yang dikreasikan
    • Bentuk akhir formasi
  4. Komandan Pleton (Danton)
    Penilaian terdiri dari:

    • Sikap dan postur tubuh
    • Penguasaan lapangan
    • Penguasaan materi perlombaan
    • Kemampuan memberi aba-aba
    • Suara (intonasi,tempo,Frekuensi)

D. Peraturan Lomba

  1. Peserta harus hadir 30 menit sebelum upacara pembukaan untuk daftar ulang dan diperbolehkan didampingi pelatih/guru.
  2. Peserta wajib mengikuti upacara pembukaan dan penutupan minimal 5 orang siswa.
  3. Peserta yang dipanggil 3 kali berturut-turut tidak hadir, di panggil kembali setelah peserta terakhir.
  4. Ukuran arena lomba 20 X 10 Meter.
  5. Lomba dilaksanakan selama 7 menit dengan ketentuan:
    • Gerakan PBB mengacu pada SKEP PANGAB no SKEP/611/X/1985
    • Perhitungan waktu dimulai pada saat Danton selesai laporan pada inspektur dan diakhiri pada saat Danton laporan pada IP.
    • Peserta melaksanakan seluruh gerakan PBB harus secara berurutan.
  6. Penilaian dewan juri dilaksanakan pada saat waktu dimulai sampai dengan waktu lomba selesai
  7. Hal-hal yang dapat menyebabkan pengurangan nilai total akhir:
    • Terlambat daftar ulang -5 point / 5 menit dari nilai akhir (NA).
    • Tidak mengikuti upacara pembukaan, -2 perorang dari nilai akhir
    • Mengganti komandan tanpa izin panitia-10 dari nilai akhir
    • Mengganti anggota peserta tanpa izin  -5/orang, dan -10 dari nilai komandan
    • Bagi peserta yang tealh membayar uang pendaftaran dan mengundurkan diri, uang pendaftaran tidak bisa dikembalikan
    • Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

E. Ketentuan lainnyaKesepakatan-kesepakatan yang belum tercantum akan diatur pada pertemuan teknis.

F. Tehnical Meeting
Hari        : Minggu
Tanggal  : 17 Februari 2013
Pukul      : 10.00 s/d selesai
Tempat   : Kampus SMK Plus Al-Hasanah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s